PENGERTIAN PENDIDIKAN JARAK JAUH
Pendidikan jarak jauh adalah: pendidikan terbuka
dengan program belajar yang terstruktur relatif ketat dan pola pembalajaran
yang berlangsung tanpa tatap muka atau terpisah antara instruktur dan peserta
didik (Sadirman, dkk,1996:13).
Menurut Setiadji dkk,2005;1 (Bambang
Warista,2011;15) pendidikan jarak jauh adalah pendidikan dimana peserta didik
terpisah dari instruktur/pendidik dan pembelajaran menggunakan berbagai sumber
belajar dengan memanfaatkan TIK dan media pembelajaran lainnya. Menurut Keegen
(1980) mengidentifikasikan elemen yang merupakan kunci bagi definisi formal
untuk pendidikan jarak jauh adalah:
a) Pemisahan
fisik pembelajar dengan sang guru
b) Program
pengajaran yang terkelola
c) Teknologi
telekomunikasi
d) Komunikasi
dua arah
Jadi dapat
disimpulkan bahwa Pendidikan Jarak Jauh adalah proses pendidikan yang terjadi
yang mana antara guru dan peserta didik terpisah/ tidak terjadi tatap muka dan
mengggunakan berbagai media dan teknologi dalam
menyampaikan materi dari pendidikan tersebut .
B.
FUNGSI PENDIDIKAN JARAK JAUH
a) Mempermudah
dalam penyajian informasi
b) Praktik
dengan umpan balik
c) Akses
terhadap sumber-sumber belajar
Adanya pemanfaatan sumber belajar
lainnya seperti;
1)
Materi yang telah di cetak (buku teks, lembar kerja dan buku bacaan
tambahan lainnya)
2)
Materi dengan bantuan audio visual
(kaset audio maupun kaset video, sistem multimedia CD,DVD)
3)
Basis data computer (pencarian data on
line)
4)
Kits (misalnya, untuk percobaan laboratorium,
atau untuk menguji specimen dari objek sebenarnya)
5)
Perpustakaan
C.
MENGAJAR JARAK JAUH
Dalam
mengajar sistem jarak jauh hal yang harus diperhatikan oleh pendidik:
a) Guru
harus mengatur dan mengurutkan isi dari materi yang akan diajarkan karena
berkaitan dengan hasil apa yang akan diperoleh oleh siswa
b) Mengetahui
sumber daya apa saja yang tersedia
c) Kemampuan
yang telah dimiliki oleh siswa untuk mengggunakan media apa yang tepat
d) Apa
yang harus para siswa laukukan untuk menjamin pengalaman belajar yang berkualitas (Dabbagh & Bannan-Ritland,
2005)
D.
PERAN YANG HARUS DIMILIKI DALAM PENDIDIKAN
JARAK JAUH
a)
Peran Siswa
Siswa
harus memahami peran mereka dalam pendidikan jarak jauh, salah satunya adalah
siswa harus mengetahui bagaimana menggunakan teknologi berkomunikasi dengan
guru dan saling berkomunikasi dengan rekan , dan siswa harus dapat menggunakan
teknologi untuk dapat berinteraksi dengan guru dalam kegiatan diskusi, siswa
juga harus dapat mengetahui cara beretika dalam berkomunikasi.
b)
Peran Guru
Guru
dalam pembelajaran jarak jauh harus dapat memastikan bahwa para siswa
sepenuhnya memahami tanggung jawab mereka dan bagaimana mengatur mereka kelas, dan guru harus mengawasi mereka agar tidak
ada yang tertinggal dalam mengikuti materi pelajaran.
c)
Peran Fasilitator
Fasilitator
merupakan pembantu ruang kelas jauh yang hadir di tempat-tempat yang jauh,
Peran fasilitator dalam pendidikan jarak jauh
· Mengawasi
dan turut serta secara aktif dalam seluruh program yang terkait dengan siswa
· Mendorong
interaksi dengan guru dan sesama siswa
· Mengontrol
terhada jawaban yang diberikan pada tempat yang terpisah
· Menyelesaikan
secara langsung masalah pengajaran atau disiplin
· Menyediakan
lemabaran kerja dan kuis tambahan
· Bertanggung
jawab mengoperasikan dan mengatasi permasalahan peralatan
d)
Peran Teknologi
Dengan
adanya teknologi seperti media audio, visual, kamera, televisi, telephone,
perangkat lunak (Power point, Web, flash player, Dll) semuanya itu dapat memudahkan siswa dan guru dalam memberikan
dan memahami materi pelajaran yang ada.
E.
AUDIO DALAM PENDIDIKAN JARAK JAUH
Audio memiliki sejarah yang panjang dalam pendidikan
jarak jauh. Kunci keberhasilan dalam penggunaan audio dalam pendidikan jarak
jauh adalah sumber daya apa yang tersedia bagi para siswa di berbagai lokasi
dan menyadari bahwa audio terkadang
sudah mencukupi untuk menyampaikan pengalaman belajar.
a.
Keuntungan Audio Dalam Pendidikan Jarak
Jauh
1) Efektif
Biaya
Menggunakan
Telekonferensi audio dapat mengurangi biaya , karena tanpa harus mengeluarkan
banyak waktu dan biaya untuk kepentingan perjalanan
2) Mudah
Digunakan
Telekonferensi audio
merupakan bentuk telekomunikasi yang
paling mudah untuk diakses karena tersambung dengan perangkat telepon
3) Interaksi
Semua peserta
mendapatkan pesan yang sama dan mereka dapat berbicara kepada guru dan pelajar
yang lainnya
b.
Kekurangan Audio dalam Pendidikan Jarak
Jauh
1) Kurangnya
informasi visual
2) Gangguan
dalam audio
3) Kurangnya
kemampuan siswa dalam menggunakan media Audio
F.
TELEVISI DALAM PENDIDIKAN JARAK
JAUH
Teknologi televisi menawarkan banyak kesempatan
pengajaran yang berbeda bagi pembelajar. Siswa terlibat dengan belajar mandiri
dengan menampilkan program pada saluran televisi. Sistem penyebaran televisi
a. Transmisi
Broadcast
Broadcasting penyiaran
gelombang elotromagnetik yang kuat melalui udara
b. Transmisi
Satelit
Komunikasi satelit
merujuk pada sebuah perangkat yang mengorbit diluar angkasa yang menerima
sinyal dari stasiun di bumi dan memancar ulang sinyal-sinyal tersebut ke lokasi
yang lebih jauh
c. Transmisi
Gelombang Mikro
Sinyal televisi
gelombang mikro diudarakan sepanjang serangkaian menara untuk menyiarkan
program. Gelombang mikro memiliki keterbatasan sinyal yang diudarakan pada
frukuensi gelombang mikro tinggi ini bergerak di pola jalur penglihatan
d. Transmisi
Sirkuit Tertutup (Sirkuit Televisi Tertutup CCTV)
CCTV merujuk pada
sistem distribusi privat yang dihubungkan oleh kabel atau serat optic. Sinyal
CCTV tidak bisa diterima diluar jaringan privat . keuntungan sinyal CCTV adalah
bahwa sistem tidak membutuhkan lisensi pemerintah dan bisa dipasang bebas oleh
lembaga manapun yang ingin memasangkannya.
e. Transmisi
Kabel
f. Transmisi
On Line
G. OPSI-OPSI
TELEVISI DALAM PELAJARAN
a. Broadcasting
Public
Broadcasting System (PBS) menawarkan jenis pemograman alternativ bagi pemirsa
yang tidak dilayani dengan baik oleh program siaran bagi pemirsa masal.
b. Televisi
Pengajaran
Televisi
pengajaran merupakan program untuk penggunaan langsung diruang kelas untuk
mencapai tujuan kurikulum tertentu. Televisi pengajaran (ITV) merupakan sebuah
acara utama dari jadwal siang hari di sebagian besar stasiun public.
Program
ITV berdurasi 15 menit hinggan 30 menit
dan sebuah program tunggal sering diulang dalam jam-jam yang berbeda di
sepanjang pekan untuk memungkinkan fleksibilitas dalam penjadwalan ruang kelas.
Program ITV tidak menyajikan pengajaran inti dalam bidang mata pelajaran dasar.
Peran ITV melayani tujuan-tujuan berikut:
·
Membantu guru dalam menyajikan mata
pelajaran yang sulit bagi siswa (seni, music, matematika, sains, dan kesehatan)
·
Melengkapi pemberian mata pelajaran yang
tidak cukup di berikan di ruangan kelas
·
Untuk meningkatkan motivasi siswa dalam
mata pelajaran tertentu seperti sastra
c. Integrasi
Operator
kabel memberikan kepada sekolah-sekolah sebuah program khusus , panduan guru,
dan bahkan layanan computer khusus, banyak sumber program yang tersedia via
kabel. Sejumlah cara ini menawarkan pemprograman berkualitas tinggi yang cocok
digunakan di sekolah.
d. Televisi
Interaktif
Televisi yang awalnya
berfungsi sebagai media visual. Kini berubah menjadi media interaktif. Televisi
interaktif terdiri dari dua bagian:
·
Video satu arah, audio dua arah
Dalam hal pemancaran
Broadcast, satelit, dan gelombang mikro, kemampuan talkback biasanya
ditambahkan dengan menggunakan alat berupa telepon yang menghubungi studio
asal.
·
Video dua arah, audio dua arah
Televisi yang benar-benar
interaktif dengan komunikasi dua arahbaik video maupun audio atau televise dua
arah yang dihasilkan dengan melengkapi pengirim dan tempat penerima dengan
kamera dan mikrofonyang saling dikaitkan dengan dengan alat yang melakukan transmisi dua arah
Keuntungan Media Televisi:
·
Sumber daya ekstra
Speker-speker khusus
untuk memperkuat diskusi kelas atau akses kepada suatu area studi memungkinkan
bagi para siswa untuk mengembangkan pembelajaran mereka
·
Mudah digunakan
Sumber daya televisi
penyiaran mudah digunakan di dalam ruang kelas
·
Belajar lanjutan
Siswa dapat belajar
lanjutan dan belajar tambahan di ruang kelas
·
Menggabungkan media
Televisi menyediakan baik informasi audio dan video
secara serentak
Kekurangan
Media televisi
·
Biaya ekstra
Sistem televisi
interaktif membutuhkan biaya yang besar untuk di operasionalkan
·
Ketersediaan ruang kelas interaktif
Ruang kelas televisi
interaktif tidak langsung tersedia bai siswa
·
Kesesuain jadwal
Jadwal pemprograman
televisi mungkin tidak ssuai dengan kurikulum, sehingga memungkinkan para siswa
menyimak konten di luar dari pembelajaran yang ada
·
Pengalaman yang terbatas menggunakan
sistem
Banyak guru dan siswa memiliki
pengalaman terbatas menggunakan sistem televisi interaktif
0 komentar:
Posting Komentar